Monday, August 5, 2019

AYAT 7

(Jika demikian kekuasaanKu), maka apa pula yang menjadikan engkau seorang pendusta, (berkata tidak benar) mengenai hari pembalasan, sesudah (ternyata dalil-dalil yang membuktikan kekuasaan Ku mengadakan hari pembalasan) itu?

TAFSIRAN AYAT

Lalu Allah SWT menutup surah ini dengan melontarkan pertanyaan kepada hamba-Nya : Wahai manusia, apa gerangan yang menyebabkan kamu mendustakan hari pembalasan atas semua amal perbuatan?  Sedangkan kamu telah melihat banyak tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang dapat memberimu keyakinan dan nikmat-nikmat Allah yang menuntut kamu untuk tidak ingkar terhadap setiap sesuatu yang Dia khabarkan kepada kamu.

Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan perkara yang telah dinyatakan tadi iaitu mengenai penciptaan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya kemudian dijadikan tua dan sesetengahnya dalam keadaan nyanyuk yang hal ini menunjukkan kekuasaan-Nya untuk membangkit makhluk hidup kembali (hari pembalasan) yang terlebih dahulu diawali dengan hari kebangkitan lalu perhitungan amal perbuatan. Maksudnya apakah gerangan yang mendorongmu mendustakan hal tersebut? Tentu saja tidak ada yang mendorongnya untuk mendustakan hal tersebut selain dirinya sendiri.

No comments:

Post a Comment